tugas riviuw pak iskandarsyah madjid
NAMA : SABDIN
NPM :1801150010021
MK :PERENCANAAN BISNIS
Tgl 14 april 2021
Menit 01-00 sd 5:43
Memberikan arahan kepada mahasiswa/mahasiswi agar selalu mengerjakan tugas sesuai yang di arahkan dan harus konsisten dalam perkuliahan serta mengarahkan atau mengingatkan mengenai tugas persentasi bahwa persentasi selanjutnya kan di persentasikan tugas kelompok dua karna kelompok saya kelompok satu, kami belum mengerjakan tugas tersebut.
5:34 sd 10:03
Dosen kami Dr.,iskandarsyah S.E.,M.M melantutkan pemabahasan mengenai bisnis plain yaitu pada tanggal 14 april 2021 masuk mengenai pembahasan pengertian produk(produk)
Pengertian produk adalah mencangkup barang fisik dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
10:03 sd 14:26
Menjelaskan mengenai:
Definisi produk
Ditinjaw untuk wujudnya
Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar ubtuk mendapatkan perhatian,pembeli,atau mengonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.(sunarto,2004:153)
Definisi secara luas
Produk meliputi objek secara fisik,jasa,orang,tempat,organisasi,ide,atau bauran,tersebut.(sunarto,200:153)
Produk jasa
Merupakan bentuk produk yang terdiri atas aktivitas,manfaat,atau kepuasan yang menjual dan pada dasarnya tidak berwujud tidak mengakibatkan kepemilikan apapun(sunarto,2004:153)
Atau bisa dilihat definisi produk dari table berikut ini
14:26 sd 17:28
Mengkelasifikasikan produk-produk konsumsi
· Barang/jasa sehari-hari(convenience goods/services)
Produk-produk yang relatif tidak hahal yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan berkal.seperti misalnya koran dan susu.
· Barang jasa/belanja(shopping goods/services)
Produk-produk yang maghal yang banyak dibeli.konsumen sering kali membandingkan merek-merek,terrutama pada toko-toko yang berbeda,contoh produknya adalah seperti televisi danmeja makan/
· Barang/jasa khusus(specialty goods/services)
Produk yang mahal dan jarang dibeli dan penting.konsumen biasanya dengan tepatmemutuskan apa yang mereka inginkan dan tidak akan menerima penganti.mereka juga berjalan toko ketoko dan mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk mendapatkan produk yang khusus.
Contohnya adalah baju pengantin,baju pengantin atau cetering untuk pernikahan
17:28 sd 19:17
Mengklasifikasikan produk-produk industri
· Barang biaya beban(expence items)
Produk industri yang relatif tidak mahal yang dibeli dan di konsumsi secara tepat dan cepat yang digunakan untuk memproduksi baran lain atau menyediakan jasa lain.
· Bahan pendukung(support material)
Barang yang membantu menjaga suatu bisnis berjalan tampa langsung memasukki proses produksi,misalnya plumas mesin
· Barang habis pakai (sipplies)
Barang yang dikonsumsi secara cepat dan rutin yang digunakan oleh seorang pembisnis.
Misalnya:pensil,sapu tangan dan cat
19:17sd 25:47
dosen kami memberi peluang untuk kami agar memyampaikan pertanyaan.
Dan melanjutkan pembahasan mengenai mengklasifikasikan produk-produk industri.
· Jasa
Jasa yang digunnakan untuk mendukung kelancaran proses produksi,misalnya
Pembersihan jendela,perlengkapan industri,office boy.
· Barang modal
a) Barang modal(capital item)
Produk industri yang mahal,tahan lama dan jarang dibeli
Contohnya:
Gedung-gedung mahal dan perlengkapan permanen,perlengkapan aksesoris dan jasa modal
b) Jasa modal(capital services)
Merupakan jasa yang dibuat untuk komitmen jangka panjang,hal ini meliputi pembelian untuk jasa makanan karyawan,pemeliharaan gedung dan peralatan.
25:47 sd 26:34
Penawaran produk
· Bauran produk(product mix dan lini product)
Produk mix adalah kumpulan dari semua produk yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli
· Lini produk merupakan sekelompok produk yang serupa yang ditunjukkan untuk sekelompok pembeli yang serupa yang akan mwnggunakan mereka dengan cara yang serupa.
26:34 sd 52:12
Di bawah ini ada 7tahap proses pengembangan diantaranya adalah
1. Gagasan produk
Mencari gagasan untuk produk baru sumber gagasan dapat diproduiksi dari ,konsumen,sales,R&D,ternisi
2. Penyaringan
Usaha untuk menghasilkan gagasan yang tidak berhubungan dengan kemampuan ,keahlian dan tujuan perusahaan.
3. Pengujian konsep
Perusahaan menggunakan riset untuk mendapatkan indut dari konsumen,dengan cara ini .perusahaan dapat menetapkan manfaat yang harus diberikan produk tersebut maupun tingkat harga yang sesuai
4. Analisis bisnis
Perusahaan kemudian melakukan perbandingan antara biaya dan manfaat dengan tujuan:untuk melihat apakah produk memenuhi tujuan profitabilitas minuman.
5. Pengembangan prototipe
Pembuatan persi awal,dengan tujuan mengidentifikasi masalah-masalah produk yang terjadi purwarupa menjadi sangat mahal,seringkali memerlukan pembuatan dengan tangan,peralatan dan pengembangan komponen.
6. Pengujian produk dan pengujian pemasaran
perusahaan menjalankan produksi terbatas dan menguji produk tersebut untuk melihat apakah produknya memenuhi persyaratan kinerja,apabila ia maka produk di jual di daerah terbatas untuk mengetahui tanggapan konsumen.
7. Komersialisasi
Jika hasil uji positif,perusahaan akan memulai produksi dan pemasaran bersekala penuh,komersialisasi bertahap,dengan menyebarkan produk terswebut ke daerah yang semakin luas,mencegah semestinya keteganggan yang semestinya tidak perlu terjadi pada kemampuan produksi awal.
Serta dosen kami menanyakan kembali atau memberi peluang kepada kami( mahasiswa/i) untuk menyampaikan pertanyaan seRta dosen mengingatkan kembali serta menanyakan kepada kelompok dua mengenai umkm yang di persentasikan untuk rabu yang akan datang,berakhirnya materi mengenai tujuh tahap proses pengembangan,maka kulaih di hari rabu tgl 14 april 2021 juga telah berkhir.
Komentar
Posting Komentar