riviuw tugas pak iskandarsyah madjid

 

PERENCANAAN BISNIS

MEREVIEW YOUTUBE PERENCANAAN BISNIS
         Nama : SABDIN

         Npm : 1801150010021

         Mk : Perencanaan  Bisnis







 MEREVIEW YOUTUBE

Youtube Bapak Iskandarsyah Madjid: https://youtu.be/8CL8naiH-94

Saya Akan Mereview Salah Satu Konten Youtube Milik Bapak Iskandarsyah Madjid Dari Awal Sampai Akhir Perkuliahan Tentang Pembahasan Yang Di Jelaskan Oleh Bapak Iskandarsyah Madjid Di Pertemuan Ke-empat Pada Hari Rabu Tanggal 14 April 2021 Mata Kuliah Perencanaan Bisnis.

· Menit 1.58-5.23

Pak iskandarsyah mengatakan bahwa hari ini adalah presentasi kelompok,yang tampil pertama adalah kelompok 1  yaitu kelompok saya, namun kelompok saya belum menyiapkan tugas tersebut namun kelompok saya( klompok 1) belum  mempersiapkan materi nya,maka dari itu minggu depan yang akan presentasi adalah dari kelompok 2. 

· Menit 5.27-14.23

Pak iskandarayah melanjutkan penjelasan tentang produk,minggu lalu beliau sudah menjelaskan apa saja yang harus ada didalam sebuah bisnis plan salah satunya adalah start produk,banyak sekali produk yang tidak dipahami oleh para pengusaha.

Pengertian produk:

° produk merupakan mencakup barang fisik dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen

Definisi produk:

Ditinjau dari wujudnya.

° sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian,dibeli,digunakan,atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. (Sunarto, 2004:153)

° Produk meliputi objek secara fisik,jasa,orang,tempat,organisasi,ide,atau bauran dari semua bentuk tersebut. (Sunarto, 2004:153)

Produk jasa:

° merupakan bentuk produk yang terdiri atas aktivitas,manfaat,atau kepuasan yang menjual dan pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. (Sunarto, 2004:153)

· Menit 14.29-17.24

Bagaimana mengklasifikasikan produk-produk konsumsi.

° barang/jasa sehari-hari (convenience goods/services) produk-produk yang relatif tidak mahal yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan berkala. Seperti misalnya koran dan susu.

° barang/jasa belanja (shopping goods/services) produk-produk yang cukup mahal dan lebih jarang dibeli. Konsumen seringkali membandingkan merek-merek, terutama pada toko-toko yang berbeda,contoh produknya adalah seperti televisi dan meja makan.

° barang/jasa khusus (specialty goods/services)

Produk yang mahal dan jaramg dibeli dan penting. Konsumen biasanya dengan tepat memutuskan apa yang mereka inginkan dan tidak akan menerima pengganti. Mereka juga berjalan dari toko ke toko dan mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk mendapatkan produk khusus. Contohnya adalah baju pengantin atau catering untuk pernikahan.

· Menit 17.33-25.42

Mengklasifkasikan produk-produk industri

° barang biaya beban (expense items)

produk industri yang relatif tidak mahal yang dibeli dan dikonsumsi secara cepat dan tepat dan digunakan untuk memproduksi barang lain atau menyediakan jasa lain.

° bahan pendukung (support material)

barang yang membantu menjaga suatu bisnis berjalan tanpa langsung memasuki proses produksi, misalnya pelumas mesin.

° barang habis pakai (sipplies)

Barang yang dikonsumsi secara cepat dan rutin oleh setiap bisnis. Misalnya pensil,sapu,sarung tangan dan cat.

° jasa

Jasa yang digunakan untuk mendukung kelancaran proses produksi,misalnya pembersihan jendela,perlengkapan instalasi,office boy.

° barang modal

-barang modal (capital item)

Produk industri yang mahal,tahan lama dan jarang dibeli contoh: gedung-gedung mahal,perlengkapam permanen,perlengkapan,aksesoris dan jasa modal.

-jasa modal (capital services)

Merupakan jasa yang dibuat untuk komitmen jangka panjamg. Hal ini bisa meliputi pembelian untul jasa makanan karyawan,pemeliharaan gedung dan peralatan.

 

· Menit 26.03-47.30

Didalam marketing ada bauran produk(product mix) dan Lini Product.

° produk mix adalah kumpulan dari semua produk dan unit produk yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli.

° Lini Produk merupakan sekelompok produk yang serupa yang ditujukan untuk sekelompok pembeli yang serupa yang akan menggunakan mereka dengan secara serupa.

Tujuh tahap proses pengembangan:

1.gagasan produk

Pengembangan produk dimulai dengam suatu pencariam gagasan bagi produk baru. Sumber gagasan dapat diperoleh dari: konsumen,sales, R&D,Teknisi.

2.penyaringan

Usaha untuk menghilangkan gagasan yang berhubungan dengan kemampuan,keahlian atau tujuan perusahaan.

3.pengujian konsep

Perusahaan menggunakan riset pasar untuk mendapatkam input dari konsumen. Dengan cara ini,perusahaan dapat menetapkan manfaat yang harus diberikan produk tersebut maupun tingkat harga yang sesuai.

4. Analisis Bisnis

Perusahaan kemudian melakukan perbandingan antara biaya dan manfaat dengan tujuan : untuk melihat apakah produk memenuhi tujuan profitabilitas minimum.

5.pengembangan prototipe

Pembuatan versi awal, dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah produksi yang terjadi. Purwarupa dapat menjadi sangat mahal, seringkali memerlukan pembuatan dengan tangan,peralatan dan pengembangan komponen.

6.pengujian produk dan uji pemasaran.

Perusahaan menjalankan produksi terbatas dan menguji produk tersebut untuk melihat apakah produknya memenuhi persyaratan kinerja. Apabila ya maka produk dijual pada daerah terbatas untuk mengetahui tanggapan konsumen.

7.komersialisasi

Jika hasil uji positif,perusahaan akan memulai produksi dan pemasaran berskala penuh. Komersialisasi bertahap,dengan menyebarkan produk tersebut ke daerah yang semakin luas, mencegah ketegangan yang semestinya tidak perlu terjadi pada kemampuan produksi awal.

· Menit 50.57-52.12

Pak iskandarsyah madjid mengingatkan ulang bahwa minggu depan yang akan tampil presentasi adalah kelompok 2 kemudian beliau mengakhiri perkuliahan pada hari ini dan mengucapkan salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIVIUW (youtube pak iskandarsyah madjid)

meriviu pertemuan ke ||